RELAWAN YANG LEBIH LUAS

Relawan, kalau denger kata itu pasti identik dengan orang-orang yang mau melakukan suatu kegiatan/aksi untuk membantu sesama. Sekarang ini, lebih cenderung terhadap aksi kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam dalam bentuk teknis yang beragam. Ada juga relawan yang konsisten di bidang pendidikan, seperti misalnya jadi tenaga pengajar tanpa bayaran untuk anak-anak jalanan, anak-anak kurang mampu, yang berkebutuhan khusus dan masih banyak lagi macamnya. Dan umumnya lagi, kegiatan/aksi ini dalam bentuk partisipasi aktif & langsung. Sebenarnya saya ada secuil niatan dan keinginan untuk jadi relawan, tapi, saya masih tergolong yang pesimis dengan bertanya balik kepada diri saya “bisa apa saya?”, “ngerti apa saya tentang hal seperti itu?” dan pertanyaan lainnya yang membuat saya menjadi membatasi diri untuk mengeksplore kemampuan diri saya dan selektif terhadap bentuk penawaran “relawan”

Sampai akhirnya tadi, tepatnya mungkin 1 jam sebelum saya punya susunan kata-kata untuk menulis disini, ada 1 teman di grup yang hanya bertemu langsung 1x dan sudah lebih dari 1 tahun yang lalu, mencari “Relawan Pengetikan Ulang Buku Tunanetra” -apa pula inih???-

Setelah dibaca & dimengerti, hasilnya, saya ga ngerti -___-. Ya, untuk teknis saya kurang paham bagaimana maksunya, setelah bertanya langsung dengan yg bersangkutan, ternyata, untuk tipe relawan yang ini ternyata mungkin untuk tahapan awal, ga seperti kegiatan relawan lainnya yang terjun langsung dan terlibat kegiatan aktif di lapangan, untuk yg satu ini kita cukup mempersiapkan materinya saja. Untuk bisa “berinteraksi” langsung dengan objeknya, materi inilah yang harus dipersiapkan terlebih dulu, karena yaaa materi dari hasil sumbangan kitalah yang nanti akan berinteraksi langsung dengan objeknya sebagai perwakilan dan realisasi dari ide yang kita punya.

Iyalah, kan objeknya Tunanetra, jadi ya yg bisa berinteraksi langsung selain kita dan lebih “personal”, yaaa materi hasil ide kita, ya ide sumbangan buku dari kita yang kita tujukan khusus untuk tunanetra.

Ah, sebenarnya masih ada beberapa ide lagi untuk hal-hal yang berbau “relawan” tapi sepertinya belum waktunya & masih harus belajar banyak. Terimakasih yang sudah memposting di grup…. jadi ada inspirasi juga mau corat-coret disini 🙂

HANYA NGOCEH, ABAIKAN

8 thoughts on “RELAWAN YANG LEBIH LUAS

Leave a Reply

