HANYA PENDAPAT

RE-POST. Original post: http://www.backpacker-notes.com/2012/04/7-tips-menulis-travel-blog-traveler-nge.html

Point no. 4, sebenernya kalau saya pribadi aga kurang setuju sih. Detail jam, mungkin bakal keliatan jadi lebay & kaya buku diary, tapi kalau untuk jenis perjalanan yang saya lakukan sekarang-sekarang, yaitu mendatangi suatu objek wisata yang sangat minim informasinya, patokan jam menjadi sangat penting. Di beberapa tulisan saya, saya menyebutkan bahkan persis sampai ke tingkat menit, misalnya 12.15, 20.35 dll. Tulisan saya, di blog saya, merupakan rangkaian kata yang mewakili apa yang sudah saya alami ketika melakukan suatu perjalanan yang terkadang malah gagal sampai tiba di tujuan. Kegagalan tadi salah satunya adalah kesalahan perhitungan waktu tempuh yang disebabkan kurangnya segala macam informasi.

Detail jam yang belakangan saya tulis ini tujuannya untuk mendokumentasikan dan sebagai bahan perhitungan dan pelajaran apabila bermaksud untuk kembali mengunjungi tempat tersebut dan juga sebagai patokan teman-teman lainnya yang ingin mendatangi tempat tersebut. Setidaknya dari detail waktu yang saya tulis, bisa dihitung sendiri berapa waktu yang saya tempuh dari awal perjalanan hingga point-point dan tujuan akhir dan segala macam kondisinya. Bisa saja jarak hanya 3 Km tetapi detail jam yang saya tulis bisa sampai 1 jam, ada keterangan pelengkap seperti hambatan cuaca, medan yang berat, jenis moda transportasi apa yang bisa digunakan serta hal yang saya alami langsung ketika itu.

Ya, jenis perjalanan saya memang sedikit berbeda dari yang lain, kalau kebanyakan bepergian itu travelling ke suatu kota, hiking, atau kuliner ya tentu saja detail jam tidak diperlukan dan malah akan mengesankan lebay. Tapi, kalau jenis perjalanan seperti yangsaya lakukan, apalagi ketika hanya ngaprak, tanpa tujuan yang jelas hanya sekedar penasaran, detail jam menjadi cukup penting yaaa siapa tau ada yang mencari jalur lain untuk pergi ke suatu tempat atau mau ikut-ikutan ngaprak?

Hanya ngoceh, abaikan.

Leave a Reply

