CURUG CIKASO

upload-611

Secara adminstratif Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso berjarak tempuh sekitar 8 Km dari Surade, 15 Km dari Jampang Kulon, 30 Km dari Ujunggenteng, sekitar 110 Km dari Kota Sukabumi, dan +/- 70 Km dari Palabuhanratu. Patokan pertama perjalanan diawali dari Kota Sukabumi, baik yang datang dari arah Jakarta, Bogor, ataupun Bandung. Dari Kota Sukabumi, ambil jalan menuju Ujunggenteng melalui Kecamatan Jampangtengah – Kecamatan Lengkong – Kecamatan Waluran – Kecamatan Jampangkulon. Patokan terakhir perjalanan menuju Curug Cikaso yaitu kota kecil Surade yang memakan waktu tempuh sekitar setengah jam (berjarak tempuh sekitar 8 Km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku dan beraspal baik. Dari Simpang tiga (sebagai jalan masuk dan juga tempat parkir bagi yang membawa kendaraan) ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 2 Km menuju lokasi melewati pematang sawah dan ladang penduduk.  Selain itu dapat juga menggunakan sampan dengan menyusuri sungai Cikaso.  Sampan ini banyak tersedia di sekitar Jembatan Cikaso.  Waktu tempuh sekitar 15 menit dari warung dekat pertigaan atau persimpangan jalan menuju Curug Cikaso dan Curug Cigangsa.  Harga sewa sampan sekitar Rp. 70.000/sampan (untuk 12 penumpang).  Setelah sampai di dekat tepian daratan menuju curug, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 100 m hingga tiba di lokasi curug.

 upload-514

Curug Cikaso memang sudah menjadi salah satu primadona objek tujuan wisata di Kabupaten Sukabumi bagian Selatan, bahkan biasanya pengunjung merasa kurang lengkap jika berkunjung ke Ujunggenteng tanpa singgah ke Curug Cikaso dan Curug Cigangsa. Sebagai salah satu objek tujuan wisata utama, Prasarana dan sarana Curug Cikaso sudah dapat dikatakan baik. Prasarana jalan dari pertigaan Surade menuju jalan masuk Curug Cikaso sudah di aspal dan dilebarkan, meskipun belum terdapat lampu penerangan jalan. Di sekitar area Curug Cikaso sudah disediakan tempat parkir, bahkan untuk bus pariwisata, warung-warung yang sudah ditata, serta loket pembelian tiket untuk naikrakit menuju Curug Cikaso. Sebenarnya memang ada jalan setapak untuk menuju Curug Cikaso, hanya saja aksesnya masih tidak semudah jika menggunakan rakit. Hal ini, salah satunya untuk menjadikan ciri khas Curug Cikaso yang berbeda dari yang lainnya, yaitu penggunaan rakit untuk menuju Curug Cikaso. Setibanya di dekat Curug Cikaso, sudah ada warung, musholla, serta beberapa bangku kecil untuk istirahat. Jalan setapak di sekitar Curug Cikaso memang sudah disediakan, hanya saja kondisinya masih berupa tanah, yang ketika musim hujan tiba, di beberapa titik akan menjadi lumpur dan genangan air. Suasana di sekitar Curug Cikaso masih sangat alami, meskipun sudah dibangun beberapa fasilitas penunjang.

upload-414

Curug Cikaso sendiri terdiri dari tiga buah air terjun yang cukup lebar, tinggi, dan letaknya berdampingan, masing-masing dari air terjun ini memiliki nama masing-masing. Air terjun yang berada di paling kiri (jika kita menghadap Curug Cikaso) bernama Curug Aseupan, yang tengah bernama Curug Meong, dan yang paling kanan bernama Curug Aki. Curug Meong letaknya memang sedikit terhalang oleh bebatuan di depan Curug Cikaso. Curug Cikaso memang terkenal dengan airnya yang deras, tinggi, serta warna kolamnya yang berwarna tosca pada musim kemarau.

 upload-313

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Cikaso sekitar bulan Oktober, November, April, Mei, dan awal Juni. Curug Cikaso merupakan objek tujuan wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, memiliki beberapa sarana penunjang, sehingga cocok untuk menjadi tujuan wisata keluarga.

upload-218

upload-116

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s