NUSANTARIDE NYASAR BARENG 2017

 

ANTARA GPS CHALLENGE dan NYASAR BARENG

Nusantaride Nyasar Bareng 2017 merupakan salah satu acara yang rutin digelar oleh sebuah forum bernama Nusantaride. Nyasar Bareng merupakan perubahan nama dari nama acara tahunan Nusantaride yang sebelumnya bernama GPS Challenge. Perubahan nama ini dimaksudkan agar lebih ‘familiar’ tanpa merubah inti tata cara pelaksanaan acara tersebut.

Nusantaride Nyasar Bareng 2017 memiliki hastag #NNB2017 dengan tujuan memudahkan penyebaran informasi seputar acara. Acara Nyasar Bareng tahun 2017 dilaksanakan di empat wilayah di Pulau Jawa, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Semarang & DIY, serta Jawa Timur ikut memeriahkan gelaran tahunan ini.

JABODETABEK (6°42’43.3″S 106°36’03.8″E)

Penyelenggaraan Nyasar Bareng oleh teman-teman Jabodetabek merupakan yang pertama kalinya diadakan. Lokasi acara Nyasar Bareng wilayah Jabodetabek berada di Bukit Bakukung. Bukit Bakukung secara administratif berada di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jumlah peserta Nyasar Bareng Jabodetabek adalah 55 peserta. Peserta terjauh berasal dari Cibitung. Patokan menuju lokasi acara adalah kawasan Kebun Teh Cianten. Kondisi jalan di dalam area Kebun Teh Cianten hingga Bukit Bakukung cukup beragam. Mulai dari jalan dengan beton mulus, jalan yang masih dalam proses pembetonan dan jalan batu + tanah khas perkebunan.

Patokan berikutnya yaitu gapura bertuliskan ‘Bukit Bakukung’ yang menjadi penanda venue acara sudah dekat. Kondisi jalan dari gapura hingga venue masih merupakan jalan tanah dan batu khas perkebunan dengan medan sedikit menanjak. Kondisi jalan akan cukup sulit jika turun hujan. Hanya satu provider telepon selular yang masih dapat digunakan di sekitar lokasi acara.

Peserta acara Nyasar Bareng wilayah Jabodetabek dikenakan biaya sebesar Rp 25.000,00 untuk tiket masuk. Fasilitas yang tersedia di lokasi acara hanya MCK, lokasi untuk mendirikan tenda dan deretan pohon pinus untuk lokasi hammock. Tidak ada warung di sekitar lokasi. Warung terdekat berada di permukiman warga yang berada di luar venue acara.

Informasi mengenai lokasi Bukit/Pasir Bakukung saat ini memang masih sedikit. Objek wisata ini baru dibuka dan dikelola oleh warga setempat kurang lebih lima bulan terakhir. Informasi lainnya mengenai Pasir/Bukit Bakukung dapat dilihat pada link berikut:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=855513967930833&id=460889207393313&_rdr

 

Sumber Foto Nyasar Bareng Jabodetabek merupakan dokumentasi pribadi milik akun FB dibawah ini:

Ade Adrian Ghazalie

Bagus Prayudha Beat Kami

Erlando Arthama

Gabriel Gery Saka

Ma’mun Asgar

Mohamad Daut Yusuf

JAWA BARAT (7°09’42.0″S 108°22’11.3″E)

Lokasi Nyasar Bareng wilayah Jawa Barat merupakan lokasi alternatif dari lokasi yang sebelumnya direncanakan. Lokasi awal kegiatan Nyasar Bareng Jawa Barat direncanakan di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penggantian lokasi disebabkan faktor cuaca dan kondisi di sekitar jalur menuju lokasi yang tidak memungkinkan. Untuk mengurangi resiko terhambatnya acara, maka H-2 dilakukan pemindahan lokasi. Lokasi terpilih Situ Wangi berjarak lebih dari tiga ratus kilometer dari lokasi awal yaitu Pantai Minajaya tidak menyurutkan semangat teman-teman Jawa Barat untuk berpartisipasi dalam acara Nyasar Bareng kali ini.

Peserta acara Nyasar Bareng Jawa Barat diikuti oleh 32 peserta dengan peserta terjauh berasal dari Jakarta sebanyak dua orang. Seluruh peserta Nyasar Bareng Jawa Barat dikenakan biaya Rp 10.000,00 dan diharapkan membawa bulu tulis minimal lima buku. Buku tulis yang dibawa peserta akan disumbangkan ke sekolah atau ke anak-anak di sekitar lokasi.

Lokasi Situ Wangi secara administratif berada di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kondisi jalan menuju lokasi acara sudah merupakan jalan aspal. Fasilitas di sekitar lokasi acara cukup lengkap. Area kemping, Masjid, MCK, warung, bahkan lokasi acara pun sangat dekat dengan rumah warga. Situ Wangi merupakan objek wisata yang berada di atas tanah Pemkab Ciamis yang dikelola oleh warga sekitar. Pembenahan di sekitar area wisata Situ Wangi masih terus dilakukan.

Lokasi Nyasar Bareng Jawa Barat merupakan lokasi yang cukup mudah dijangkau dengan fasilitas lengkap, bahkan sinyal telepon seluler yang cukup bersahabat, namun masih terbilang sepi dari ramainya pengunjung wisata. Patokan pertama menuju lokasi adalah Situ Lengkong di Panjalu. Terus ikuti jalan raya utama menuju patokan kedua, yaitu persimpangan Lumbung – Kawali. Pada perismpangan ini ambil arah menuju Desa Winduraja.

Informasi lengkap mengenai objek wisata Situ Wangi dapat dilihat pada link berikut ini:

http://dyaiganov.com/situ-wangi/

 

 

Sumber Foto Nyasar Bareng Jawa Barat merupakan dokumentasi pribadi milik akun FB dibawah ini:

Dya Iganov

Rama Bergawa

Salum

Teguh Kusumah Akbar

Yudi Agaustiar

JAWA TENGAH & D.I. YOGYAKARTA (7°54’21.1″S 111°12’32.7″E)

Lokasi Nyasar Bareng Jawa Tengah dan Yogyakarta merupakan lokasi rintisan yang baru dua kali digunakan sebagai area camping ground. Lokasi yang oleh perangkat desa setempat dinamai Bukit Gombong ini secara administratif berada di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasi ini juga dikenal dengan nama Bukit Jeprix (sesuai informasi pada Google Maps). Lokasi ini masih dikelola oleh warga setempat.

Peserta Nyasar Bareng Jawa Tengah dan Yogyakarta kali ini berjumlah 52 orang dan peserta terjauh berasal dari Kebumen sebanyak satu orang. Peserta Nyasar Bareng Jawa Tengah dan Yogyakarta tidak dikenakan HTM hanya berupa iuran spontan untuk warga sekitar sebesar Rp 10.000,00/orang.

Lokasi Nyasar Bareng Jawa Tengah & Yogyakarta belum memiliki fasilitas apapun, karena masih lokasi rintisan, bahkan camping ground sekalipun. Akses menuju lokasi acara sudah berupa jalan aspal hingga ke venue acara.

Venue acara merupakan area terbuka di perbukitan dan belum dikelola. Tidak ada MCK di lokasi. Warung terdekat berada di permukiman warga yang berjarak 500 m dari venue. Mck selama acara berlangsung menumpang di rumah warga. Sinyal telepon seluler di area acara Nyasar Bareng Jawa Tengah & Yogyakarta hanya tersedia satu provider dengan sinyal sangat terbatas dan tidak bisa untuk akses internet.

Patokan pertama menuju lokasi acara adalah Pasar Purwantoro dan Terminal Bus Purwantoro. Tidak jauh dari Pasar Purwantoro akan ditemui persimpangan tepat di samping Terminal Bus Purwantoro. Ambil jalan menuju Desa Ngroto. Patokan kedua yaitu SMP 3 Kismantoro. Jalan menuju lokasi acara dapat ditanyakan pada warga setelah tiba di sekitar SMP 3 Kismantoro.

Hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lengkap mengenai lokasi Nyasar Bareng Jawa Tengah & Yogyakarta dan hanya berupa link foto seperti di bawah ini:

http://www.panoramio.com/photo/109653991

Sumber Foto Nyasar Bareng Jawa Tengah & Yogyakarta merupakan dokumentasi pribadi milik akun FB dibawah ini:

Noveri Tahalea Ambon

Andi Frastiyo

Fachrizal Razaq

Amir Fatiro

Siroo Zaq

Thomas Yulianto

JAWA TIMUR (7°40’22.6″S 112°23’28.0″E)

Lokasi Nyasar Bareng Jawa Timur berada di Bumi Perkemahan Dan Agrowisata Pd.Perkebunan Panglungan. Bumi Perkemahan Panglungan secara adminsitratif berada di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasi Nyasar Bareng Jawa Timur berada di lahan milik Perhutani.

Jumlah peserta Nyasar Bareng Jawa Timur adalah sebanyak 45 orang dengan peserta terjauh berasal dari Solo sebanyak satu orang. Khusus untuk Nyasar Bareng Jawa Timur, biaya untuk venue lokasi adalah sebesar Rp 300.000,00.

Patokan pertama menuju lokasi acara adalah persimpangan di dekat SDN Sumengko di Kecamatan Jatirejo. Ambil arah menuju Jalan Jatirejo – Jabung. Patokan kedua yaitu Segolo-golo Eco Park. Tepat sebelum Segolo – golo Eco Park, ambil jalan ke arah Barat menuju Bumi Perkemahan Panglungan.

Akses menuju lokasi Bumi Perkemahan sudah merupakan aspal mulus. Hanya saja dari Bumi Perkemahan menuju venue acara belum ada akses jalan yang memadai, sehingga peserta harus sedikit ber-offroad hingga tiba di venue. Bumi Perkemahan Panglungan sudah memiliki fasilitas lengkap, mulai dari listrik, MCK, aula & musola yang dapat dimanfaatkan oleh peserta Nyasar Bareng Jawa Timur selama acara berlangsung.

Selain fasilitas umum, terdapat juga sirkuit khusus untuk trail dan danau yang dapat ditempuh dengan sedikit berjalan kaki dari venue acara. Warung berada di permukiman warga yang jaraknya tidak jauh dari lokasi acara. Sinyal telepon seluler di lokasi acara hanya dapat dijangkau satu provider.

Informasi lebih lengkap mengenai Bumi Perkemahan Panglungan dapat dilihat pada link berikut:

https://opencorpdata.com/place/ChIJqYB-rplveC4RptbBu6iDWGA

https://www.slideshare.net/henryn9/presentation2-38813580

Sumber Foto Nyasar Bareng Jawa Timur merupakan dokumentasi pribadi milik akun FB dibawah ini:

Mardha Octa Sila Sakti

Bibud

Aldino Widhy Anggriawan

Adityo Ari Anggoro

Ero Kristianto

SEPUTAR NYASAR BARENG 2017

Pelaksanaan kegiatan Nyasar Bareng 2017 masih sama dengan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya. Koordinat lokasi baru diumumkan H-2 dan hanya berupa koordinat. Peserta bebas memilih rute mana yang akan diambil. Peserta juga bebas datang kapan saja bahkan hanya sekedar hadir dan tidak ikut kemping pun dipersilahkan. Provider di lokasi acara pun hanya satu yang stabil. Acara Nyasar Bareng kali ini pun disponsori oleh Contin dan Nestro.

Antara Nyasar Bareng dan Dahlia

Penyelenggaraan acara Nyasar Bareng 2017 kali ini bertepatan dengan musim hujan. Bahkan, seminggu hingga dua hari acara dilaksanakan beberapa wilayah di Indonesia terkena musibah. Banjir, longsor, puting beliung melanda beberapa wilayah di Indonesia. Tepat dua hari menjelang acara, bahkan terjadi Siklon Tropis Dahlia yang berdampak pada pemindahan lokasi acara Jawa Barat.

Sehari sebelum acara, tinggi gelombang di pesisir Selatan Jawa Barat mencapai batas ketinggian normal, bahkan sampai menimbulkan ROB. Cuaca di Jawa Tengah dan sekitarnya satu hingga dua hari menjelang acara pun masih diwarnai hujan lebat dan longsor. Sabtu tanggal 2 Desember 2017 sekaligus tanggal acara pelaksanaan Nyasar Bareng 2017, berdasarkan informasi dari teman-teman di masing-masing wilayah, cuaca selama acara berlangsung sangat mendukung. Hanya lokasi Jawa Tengah saja yang berangin cukup kencang.

Antara Nyasar Bareng dan Long Weekend

Tanggal pelaksanaan Nyasar Bareng kali ini berbarengan dengan libur panjang. Tidak sedikit teman-teman yang memanfaatkan moment ini untuk mengeksplore lokasi-lokasi wisata di sepanjang jalur ataupun di sekitar lokasi acara. Bahkan, ada yang tiba di lokasi acara paling duluan, ada yang sehari sebelumnya kemping di lokasi lain. Ada juga yang baru mengeksplore sepulang dari kegiatan Nyasar Bareng.

Keseruan lainnya, tidak bukan adalah tidak jarang peserta yang benar-benar kesasar menuju lokasi acara. Hambatan di masing-masing lokasi acara pun berbeda-beda. Ada yang terhambat karena sinyal, jalur yang cukup sulit karena berbatu dan tanah, ada yang motornya bermasalah, ada juga yang jatuh sakit ketika acara berlangsung. Semoga semua kejadian selama Nyasar Bareng 2017 ini bisa menjadi bekal cerita yang berkesan bagi teman-teman semua.

Bagi teman-teman yang keitnggalan info mengenai Nyasar Bareng 2017 dapat cek melalui hastag #NNB2017 ataupun di akun Instagram Nusantaride.id. Sampai bertemu di acara Nusantaride Nyasar Bareng 2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s